MEMBERDAYAKAN PERPUSTAKAAN DESA DENGAN MEMBUAT TAMAN MEMBACA BAGI ANAK-ANAK DI DESA RAMBAN KULON

Informasi merupakan sumberdaya yang strategis dalam hidup kita dan merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan negara Indonesia tercinta ini. Perpustakaan Desa merupakan suatu lembaga desa yang bertugas mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan informasi dari aspek menghimpun, mengolah sampai menyebarluaskan informasi kepada masyarakat pedesaan. Perpustakaan desa sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan desa. Fungsi utama Perpustakaan Desa adalah sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pendidikan, informasi, penerangan, dan rekreasi.

IMG-20170721-WA0033

Desa Ramban Kulon memiliki Perpustakaan Desa yang terletak di Kantor Desa Ramban Kulon, namun Perpustakaan tersebut masih jarang dikunjungi oleh masyarakat. Jika dilihat dari segi pemberdayaan, perpustakaan tersebut pemberdayaannya masih belum maksimal sehingga jarang dikunjungi oleh masyarakat.

Melalui salah satu program kerja yang dibawa oleh KKN UMD 56 Universitas Jember yakni Membuat Taman Membaca untuk anak-anak Desa Ramban Kulon sebagai salah satu upaya memberdayakan perpustakaan desa tersebut, karena minat membaca perlu ditanamkan kepada anak-anak, mahasiswa mencoba untuk memberdayakan kembali Perpustakaan Desa dengan membuat Taman Membaca bagi anak-anak yang dibuka setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at sehingga melalui kegiatan ini dapat memudahkan anak-anak Desa Ramban Kulon dalam menambah wawasan dan pengetahuan melalui kegiatan membaca buku serta menanamkan kebiasaan membaca kepada anak-anak. Dengan dilaksanakannya program kerja ini diharapkan Perpustakaan Desa Ramban Kulon dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagaimana mestinya.

IMG-20170721-WA0047

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *