PONKESDES Dan Pemerataan Kesehatan Desa

(05/07/2017) PONKESDES atau sering didengar perawat mantri oleh masyarakat desa telah lama ada dan bersinergi di tengah masyarakat desa Ramban Kulon. Namun, Keberadaannya masih sangat minim diketahui oleh masyarakat desa. Terlepas dari itu, keberaan PONKESDES dinilai sangat penting bagi masyakat desa dalam dunia kesehatan.

Keberadaannya disangka sama dengan keberadaan perawat lainnya yang membuka praktek setiap harinya. Padahal, PONKESDES merupakan layanan gratis bagi masyarakat sekitarnya. hanya saja dari segi publikasi pada masyarakat sangat minim seiring jarangnya sosialisasi dari pihak terkait.

Kata “Orang Miskin Dilarang Sakit” sebenarnya sudah sedikit demi sedikit di hilangkan berkat keberadaannya. Diharapkan bagi masyarakat yang untuk ikut andil dalam sosialisasi keberadaan PONKESDES. Ada dua tempat PONKESDES di Desa Ramban Kulon, yaitu, Di rumah Perawat Mintra Afrionita di RT 08 ataupun Di keidaman Bidan Dwi wahyuni Di RT 15.

Syarat untuk mendapat pelayanannya pun tak membutuhkan uang, hanya foto copy KTP 2 Lbr bagi penduduk yang memiliki KTP, dan Foto Copy KK dan KTP Kepala Keluarga bagi penduduk yang belum memiliki KTP.

Terlepas dari itu, diharapkan masyarakat sadar akan pola hidup sehat agar penyakit tidak masuk dalam tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *