Pak Muslim sang Pandai Besi

(03/04/17) Masyarakat Desa Ramban Kulon memiliki kreatifitas tersendiri dibandingkan dengan desa yang lain di Kecamatan Cermee. Yaitu dengan banyaknya pekerjaan yang digeluti yang bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup berumah tangga. Masyarakat Ramban Kulon yang yang memiliki pekerjaan unik tapi bepenghasilan puluhan ribu setiap harinya, itulah Pak  Muslim sang Pandai Besi.

20170402_065229

Pak  muslim adalah warga asli masyarakat Bondowoso yang  tinggal di desa Ramban Kulon RT 08 RW 04 Krajan ll. Pak Muslim yang tinggal di desa tersenyum ini,  yang menekuni pekerjaan pembuatan pisau, kapak, clurit, parang, dan alat tani yang lainnnya sejak tahun 2014 hingga sekarang. Barang hasil karyanya yang dulunya hanya dijual ke orang-orang di daerah Desa Ramban Kulon saja.

20170402_065248

Tetapi, juga merambat keluar Desa Ramban Kulon hingga ke luar kota seperti Situbondo Probolinggo, dan Banyuwangi. Harga barang yang dijual lumayan murah seperti pisau kecil dipatok harga Rp. 10.000, pisau besar  seharga Rp 15.000. “Saya menjual barang-barang ini paling mahal Rp. 50.000 saja, tiap harinya laku terjual paling sedikit 5 hingga 10 barang yang terjual.” Ujar Pak Muslim. Harapannya terdapat perhatian dari pemerintah terkait, baik dari sisi bantuan alat ataupun dana kredit bergulir guna memperbesar Usaha yang berputat pada dunia Besi dan Baja.

Selain itu pak muslim juga menerima tukar tambah barang sejenisnya, mereparasi barang yang rusak agar bisa dipergunakan kembali. (Humairi Alfarisi/PPID).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *